Header Ads

Breaking News

Serba-serbi PlayStation 3 yang Tamat Riwayatnya


Kurang lebih 11 tahun sudah PlayStation 3 hadir menemani gamer konsol di berbagai penjuru dunia. Meski dirasa cukup berat, tapi keputusan Sony untuk mengakhiri eksistensi PlayStation 3 sudah bulat.

Lewat situs penjualan PlayStation 3 di Jepang, Sony memberikan informasi bahwa pengapalan konsol last-gen miliknya itu sudah selesai. Informasi ini tertera pada laman penjualan PlayStation 3 Super Slim 500 GB yang memang disebut menjadi satu-satunya PlayStation 3 yang tersisa di Jepang.

Sedikit menengok ke belakang, PlayStation 3 pertama kali diluncurkan tahun 2006 untuk penjualan di Jepang dan Amerika Utara, menyusul kemudian di Eropa dan Australia di tahun 2007. Peluncuran PlayStation 3 kala itu sebagai penerus PlayStation 2 dan juga disiapkan untuk bersaing dengan platform game konsol lainnya, seperti Xbox 360 dan Nintendo Wii.

Peluncuran PlayStation 3 disambut meriah oleh gamer di berbagai negara. Selain menyodorkan kualitas grafis yang lebih baik dari generasi sebelumnya, PlayStation 3 menjadi konsol pertama yang menggunakan Blu-ray Disc sebagai medium game

Konsol ini pun menjadi yang pertama dibekali layanan PlayStation Network dan juga konektivitas untuk tersambung dengan perangkat PlayStation yang lain, seperti PlayStation Portable dan PlayStation Vita.

Pun memiliki fitur yang lebih canggih dari generasi sebelumnya, penjualan awal PlayStation 3 bisa dibilang sangat lemah dan tidak menguntungkan. Bahkan CEO of Sony Corporation kala itu, yakni Howard Stringer sempat tidak bisa meyakinkan investor perangkat konsolnya ini bakal laris.

Pesaing terberat PlayStation 3 kala itu adalah Nintendo Wii yang tampil memukau dengan gameplay yang unik berbekal motion sensor. Tak hanya itu, dengan banderol harga yang murah Nintendo Wii sempat menjadi konsol tersukses kala itu.

Selain menghadapi persaingan dengan Nintendo Wii, PlayStation 3 juga menghadapi tantangan sengit dengan Xbox 360 yang sudah lebih dulu diluncurkan Microsoft. Bertahun-tahun penjualan PlayStation 3 di bawah Xbox 360, barulah ketika versi Slim di tahun 2008 Sony bisa bernapas lega dengan penjualan yang membaik.

Hingga kini sudah ada tiga model PlayStation 3, yakni Fat, Slim, dan Super Slim. Penjualan per bulan Maret 2016, PlayStation 3 total terjual sampai 85 juta secara global. Dan per tahun 2012, penjualan game PlayStation 3 tercatat berjumlah 595 juta keping dengan game terbaik yang pernah diluncurkan di perangkat ini adalah Grand Theft Auto V dengan total penjualan 20 juta keping.

Pun PlayStation 3 sudah tidak lagi diproduksi, Sony kini fokus mengurus PlayStation 4 dan PlayStation VR. Berbagai analis pun memprediksi bila PlayStation 5 kemungkinan akan diluncurkan tahun 2018.

Tidak ada komentar

DILARANG KOMENTAR BERSIFAT SPAM DAN PROMO THANKS :)